Kamis, 14 April 2016

SINGLE PARENT, TAKDIR ATAU PILIHAN


Single parent bisa karena seorang ibu yang sekaligus menjadi ayah, atau sebaliknya yaitu ayah yang sekaligus bisa menggantikan posisi ibu. Di masyarakat orang tua tunggal perempuan lebih banyak dibanding orang tua tunggal laki-laki. Menjadi single parent adalah takdir. Memilih single parent itupun sama dengan takdir.

Dalam sejarah Islam, orang tua tunggal terjadi karena ditinggal meninggal, ditinggal cerai, ditinggal tugas dakwah dan jihad. Kisah Nabi
Ibrahim yang bertahun-tahun meninggalkan istri dan anaknya, Ismail. Juga ada Ummu Robi'ah yang mengasuh anak sendiri selama 30 tahun. Suaminya, Farrukh, pulang dari tugas jihad selama 30 tahun.

Seorang ibu yang single parent harus memaksimalkan perannya. Peran utama sebagai ibu sekaligus merangkap sebagai ayah. Allah telah memberikan kemampuan bagi seorang wanita untuk mengasuh anak. Namun bukan berarti peran ayah tidak dibutuhkan. Ibu single parent dapat memberi stimulan terbaik pengganti ayah kepada anaknya, bisa melalui sosok kakek atau pamannya.

Artis yang menjadi single parent, antara lain:
1. Desi Ratnasari, dua kali cerai, mengasuh seorang anak perempuan.
2. Tamara Blezinsky, mengasuh seorang anak laki-laki
3. Risty Tagor, mengasuh dua anak laki-laki




Anaknya Risty Tagor masih mendapatkan figur ayah, masih mendapatkan cinta ayahnya. Pada akhir pekan, Risty mempersilahkan anaknya bermain besama ayahnya.
وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ

Artinya: Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. (QS. Ath-Thalaq: 3)



Perbanyak bertawakal jika memilih sebagai orang tua tunggal. Single parent pasti memiliki keterbatasan atau kekurangan karena kesendiriannya tersebut. Ketika ibu single parent masih muda, cantik dan kaya sering menjadi fitnah masyarakat. masyarakat masih menganggap buruk keberadaan ibu single parent. Anak tetap menjadi priorotas. ketika berdua atau sendiri tetap harus menjadikan anak yang soleh.

Hambatan menjadi single parent yaitu kesulitan memberikan energi positif kepada anak dan memiliki peran yang bertambah, selain mengasuh anak juga mencari nafkah. Hambatan yang ada perlu diatasi dengan memanage diri sendiri agar mampu mengatasi kesedihan. Segera move one, selanjutnya harus punya mostivasi untuk menjadi single parent yang sukses.


Ibu yang sible parent perlu melakukan hal ini:
1. Bagaimana tetap terlihat baik di mata anak
2. Mencari kebutuhan akan role model sosok ayah atau asupan figur ayah.

Kebutuhan anak terhadap figur ayah misalnya selain secara fisik bisa melalui kakek atau pamannya juga kebutuhan pendidikan atau lingkungan. Carikan lembaga pendidikan yang bisa mengantarkannya dekat dengan Allah.

Ada tahapan yang tepat memberi tahu kepada anak mengenai kondisi ibu yang sudah bercerai. Jangan langsung memberi tahu kepada anak ketika da keputusan cerai. Yang harus dipenuhi ibu yaitu terkait persepsi anak. Ibu jangan menjelekkan ayahnya di depan anaknya. Anak remaja sudah bisa diberi pengertian terkait sosok ayah.

Ketika ayah jahat, tetap harus birrul walidaini. Tauhid kepada Allah diletakkan berbarengan dengan birrul walidain. ketika ayah baik maka anak akan lebih baik. Dan ketika ayah jahat seorang anak harus tetap baik. Jangan sampai anak menjadi gay karena benci dengan sosok ayah.

Single parent akan memiliki peran ganda sebagai ayah dan ibu. Sosok ibu yang lebih kepada pengasuhan anak dan peran ayah untuk menanamkan tauhid kepada anaknya.

ﻭَﻭَﺻَّﻴْﻨَﺎ ﺍﻹﻧْﺴَﺎﻥَ ﺑِﻮَﺍﻟِﺪَﻳْﻪِ ﺣَﻤَﻠَﺘْﻪُ ﺃُﻣُّﻪُ
ﻭَﻫْﻨًﺎ ﻋَﻠَﻰ ﻭَﻫْﻦٍ ﻭَﻓِﺼَﺎﻟُﻪُ ﻓِﻲ ﻋَﺎﻣَﻴْﻦِ ﺃَﻥِ
ﺍﺷْﻜُﺮْ ﻟِﻲ ﻭَﻟِﻮَﺍﻟِﺪَﻳْﻚَ ﺇِﻟَﻲَّ ﺍﻟْﻤَﺼِﻴﺮُ
‏(١٤ ‏)
ﻭَﺇِﻥْ ﺟَﺎﻫَﺪَﺍﻙَ ﻋَﻠﻰ ﺃَﻥْ ﺗُﺸْﺮِﻙَ ﺑِﻲ ﻣَﺎ ﻟَﻴْﺲَ
ﻟَﻚَ ﺑِﻪِ ﻋِﻠْﻢٌ ﻓَﻼ ﺗُﻄِﻌْﻬُﻤَﺎ ﻭَﺻَﺎﺣِﺒْﻬُﻤَﺎ ﻓِﻲ
ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻣَﻌْﺮُﻭﻓًﺎ ﻭَﺍﺗَّﺒِﻊْ ﺳَﺒِﻴﻞَ ﻣَﻦْ ﺃَﻧَﺎﺏَ ﺇِﻟَﻲَّ
ﺛُﻢَّ ﺇِﻟَﻲَّ ﻣَﺮْﺟِﻌُﻜُﻢْ ﻓَﺄُﻧَﺒِّﺌُﻜُﻢْ ﺑِﻤَﺎ ﻛُﻨْﺘُﻢْ ﺗَﻌْﻤَﻠُﻮﻥَ‏(
١٥)

Artinya: Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang engkau tidak mempunyai ilmu tentang itu, maka janganlah engkau menaati keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku. Kemudian hanya kepada-Ku tempat kembalimu, maka akan Aku beritahukan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. (Q.S. Luqman Ayat 4-15)

Seorang ibu harus tahu resiko sebagai single parent. Perlu mencari peran pengganti ayah. Allah akan menguatkan mental anak. Kekuatan do'apun amat diperlukan. Peran ayah harus ada . Walaupun sudah cerai, ayah tetap harus memantau tumbuh kembang anak. Tidak ada mantan ayah dan mantan ibu yang ada adalah mantan istri dan mantan suami. Ayah perlu memiliki waktu yang memorable bersama anak, waktu yang berkualitas.

Ketika memilih single parent, maka yang dilakukan adalah:
1. Maafkan mantan suami, ikhlaskan, move on. Anak membutuhkan energi positif
2. Memulai tanggung jawab memberi nafkah
3. Mencarikan penanganan personal ketika anak remaja dibully karena tak memiliki ayah, khawatir ada figur lain yang bisa mencelakai anak.

Ketiak memilih single parent, Risty Tagor berupaya untuk:
1. Mengesampingkan perasaan sedih di depan anak
2. Meyakini ini adalah takdir
3. Mensyukuri setiap yang terjadi

Suami istri perlu berpikir lebih jauh sebelum bercerai. Ketika bercerai jangan sampai membenci anak. Ketika bersama anak upayakan untuk menumbuhkan kembali cinta. Carikan anak sebuah lingkungan yang bisa membuatnya dekat dengan Allah.

---
Program Makna & Peristiwa TVOne, Senin-Jumat 08.30-09.30 WIB Bersama Ust. Bachtiar Nasir, Risty Tagor (Artis), Bendri Jaisyurrahman (Yayasan Sahabat Ayah), Teuku Wisnu (Host)
 
Disarikan oleh Maryulisman
 
Umroh Hemat Mulai dari 21-JT-an Klik Hannien Tour

Jual Susu Kambing Etawa Klik GOMARS